Shahihkah Hadits: “Barangsiapa Berbuat Dosa dalam Keadaan Tertawa, Maka Ia Akan Masuk Neraka dalam Keadaan Menangis”? (bag. 1)

Bagikan :

Tersebutkan dalam sebuah hadits:

مَنْ يَأْتِيَ الْخَطِيئَةَ وَهُوَ يَضْحَكُ دَخَلَ النَّارَ وَهُوَ يَبْكِي

“Barangsiapa yang berbuat dosa dalam keadaan tertawa, maka dia akan masuk neraka dalam keadaan menangis.”

Dalam riwayat yang lain disebutkan dengan lafazh berbeda, namun sama maknanya, yaitu:

مَنْ أَذْنَبَ وَهُوَ يَضْحَكُ دَخَلَ النَّارَ وَهُوَ يَبْكِي

Hadits ini diriwayatkan secara marfu’, mauquf dan juga maqthu’.

  1. Riwayat yang marfu’

Adapun riwayat yang marfu’ (disandarkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) di antaranya disebutkan oleh Abu Nu’aim dalam kitab Hilyatul Auliya’ wa Thabaqatul Ashfiya’pada penyebutan riwayat Maimun bin Mihran (4/96), dan juga disebutkan oleh as-Suyuthi dalam kitab al-Jami’ ash-Shaghir dari Ibnu ‘Abbas.

Hadits yang terdapat dalam kitab Hilyatul Auliya’ dengan lafazh:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ السِّنْدِيِّ، ثنا عُمَرُ بْنُ أَيُّوبَ، ثنا أَبُو إِبْرَاهِيمَ التَّرْجُمَانَ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ زياد الْيَشْكُرِيُّ، عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَذْنَبَ وَهُوَ يَضْحَكُ دَخَلَ النَّارَ وَهُوَ يَبْكِي

Hadits ini diriwayatkan oleh beberapa perawi. Di antara para perawi tersebut adalah:

  1. Umar bin Ayyub al-Muzani

Al-Imam adz-Dzahabi  dalam kitab al-Mughni fii adh Dhu’afa telah menyebutkan keadaan Umar bin Ayyub al-Muzani ini, bahwa “Ibnu Hibban telah berbicara (menjarh) dia.”

Ad-Daraquthni juga melemahkan Umar bin Ayyub ini, sebagaimana yg dinukilkan oleh adz-Dzahabi dalam Mizanul I’tidal dan Ibnu Hajar dalam Lisanul Mizan.

Abul Faraj al-Jauzi berkata dalam kitab adh-Dhu’afa wal Matrukin:

“Ibnu Hibban menyatakan bahwa dia (Umar bin Ayyub) tidak boleh untuk dijadikan hujjah.” 

  1. Muhammad bin Ziyad al-Yasykuri

Ahmad bin Hanbal menyebutkan tentang keadaan rawi ini,

“(Dia) seorang pendusta yang buta yang sering memalsukan hadits.”

 Yahya bin Ma’in, ad-Daraquthni, serta Abu Zur’ah menyatakan,

“(Dia) Pendusta.”

 Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tahdzibul Kamal fii Asma’ ar-Rijal karya al-Mizzi, al-Mughni fii adh Dhu’afa karya adz-Dzahabi, dan adh-Dhu’afa karya Abu Zur’ah ar-Razi.

 Dengan sebab keberadaan 2 perawi ini, asy-Syaikh al-Albani menghukumi hadits Ibnu ‘Abbas ini dengan hadits maudhu’ (palsu), sebagaimana yang beliau sebutkan dalam kitab Silsilah al-Ahadits adh-Dha’ifah no. 16, 17 ,18, dan 1771 dan Dhaif al-Jami’ no. 5384.

Al-Munawi dalam kitab at-Taisir bisyarhi al-Jami’ ash-Shaghir menyatakan,

“(Hadits Ibnu ‘Abbas) diriwayatkan dalam kitab al-Hilyah dari Ibnu ‘Abbas dengan sanad yang lemah.”

 Hal Yang Perlu Menjadi Perhatian:

Di sebagian manuskrip kitab Hilyatul Auliya tertulis “Muhammad bin Yazid“. Yang benar, wallahu a’lam, “Muhammad bin Ziyad.” Ini dilihat dari beberapa alasan:

  1. Dilihat dari para murid dan gurunya.

Di dalam kitab Tahdzibul Kamal fii Asmair Rijal karya al-Imam al-Mizzi disebutkan,

5224 – ت: مُحَمَّد بن زياد اليشكري الطحان الكوفي ، ويُقال: الجندي، الأَعور الفأفاء المعروف بالميموني.
رَوَى عَن: عبد الكريم بْن مالك الجزري، ومُحَمَّد بن عجلان (ت) ، ويَعْلَى بن زياد القردوسي، وميمون بن مهران، وأبي ظلال القسملي…….

  1. Dalam kitab Hilyah, saat penyebutan riwayat Maimun bin Mihran, riwayat sebelum dan sesudah hadits ini semua disebutkan dari jalan Muhammad bin Ziyad.

Riwayat hadits sebelumnya

حَدَّثَنَا حَبِيبُ بْنُ الْحَسَنِ، ثنا فَارُوقٌ، ثنا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ قَائِمٌ: «إِنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ شَتَمَ الْأَنْبِيَاءَ، ثُمَّ أَصْحَابِي، ثُمَّ الْمُسْلِمِينَ». غَرِيبٌ مِنْ حَدِيثِ مَيْمُونٍ، تَفَرَّدَ بِهِ مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، رُسْتَهْ، ثنا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: ” أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُتِيَ بِجِنَازَةٍ فَصَلَّى عَلَيْهَا وَكَبَّرَ عَلَيْهَا أَرْبَعًا وَقَالَ: «كَبَّرَتِ الْمَلَائِكَةُ عَلَى آدَمَ أَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ». وَكَبَّرَ أَبُو بَكْرٍ عَلَى فَاطِمَةَ أَرْبَعًا، وَكَبَّرَ عُمَرُ عَلَى أَبِى بَكْرٍ أَرْبَعًا، وَكَبَّرَ صُهَيْبٌ عَلَى عُمَرَ أَرْبَعًا “

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حُبَيْشٍ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ حَمَّادِ بْنِ سُفْيَانَ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ حَفْصٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، ثنا مَيْمُونُ بْنُ مِهْرَانَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهَا: «رُبَّمَا فَرَكْتُ الْمَنِيَّ مِنْ ثَوْبِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي»

Riwayat hadits setelahnya

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُثْمَانَ الْوَاسِطِيُّ، ثنا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ الْأَيْلِيُّ، ثنا عُمَرُ بْنُ يَحْيَى، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” اثْنَانِ مِنَ النَّاسِ إِذَا صَلَحَا صَلَحَ النَّاسُ، وَإِذَا فَسَدَا فَسَدَ النَّاسُ: الْعُلَمَاءُ وَالْأُمَرَاءُ “

    1. Asy-Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahadits al-Maudhu’ah menyebutkan bahwa hadits ini terdapat dalam kitab Hilyah (yakni manuskrip kitab Hilyah yang ada pada beliau), disebutkan dari jalan Muhammad bin Ziyad al-Yasykuri.

17 – ” من أذنب وهو يضحك دخل النار وهو يبكي “.
موضوع.
أخرجه أبو نعيم أيضا (4 / 96) من طريق عمر بن أيوب حدثنا أبو إبراهيم الترجمان حدثنا محمد بن زياد اليشكري بإسناده المتقدم…………

  1. Sebatas pengetahuan dan pembahasan kami, tidak ditemukan seorang perawi yang bernama”Muhammad bin Yazid al-Yasykuri.”

 Wallahu a’lam bishshawab.

Penulis:  Abu Abdillah Imam

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *