Tujuan Utama Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Jibril ‘alaihissalam pernah mendo’akan celaka untuk seseorang yang sempat memasuki bulan Ramadhan, kemudian keluar darinya namun tidak mendapatkan ampunan dari Allah. Sebagaimana dalam hadits  :

أَنَّ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَقَى الْمِنْبَر فَقَال: “آمين، آمين، آمين” قِيْلَ لَهُ : يَا رَسَوْلَ اللهِ! مَا كُنْتَ تَصْنَعْ هَذَا؟ فَقَالَ: ” قَالَ لِيْ جِبْرِيْلُ : رَغِمَ أَنْفُ عَبْدٍ أَدْرَكَ أَبَوْيْهِ أَوْ أَحَدَهُمَا لَمْ يُدْخِلْهُ الْجَنَّةَ. قُلْتُ: آمين. ثم قال: رَغِمَ أَنْفُ عَبْدٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ لَمْ يَغْفِرْ لَهُ. فقُلْتُ : آمين. ثُمَّ قَالَ : رَغِمَ أَنْفُ امرئ ذُكِرْتَ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيْكَ، فقُلْتُ: آمين “.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam naik ke atas mimbar kemudian berkata, “Amin, amin, amin”.

Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, kenapa engkau mengatakan perkara tersebut?”

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Jibril berkata kepadaku, ‘Celaka seorang hamba yang mendapatkan kedua orang tuanya atau salah seorang dari keduanya masih hidup akan tetapi tidak memasukkan dia ke surga dan katakanlah amin!’ Maka kukatakan, ‘Amin.’”

Kemudian Jibril berkata lagi, ‘Celaka seorang hamba yang masuk bulan Ramadhan tetapi keluar dari bulan Ramadhan tidak diampuni dosanya oleh Allah dan katakanlah amin!’ Maka aku katakan, ‘Amin’.

Kemudian Jibril berkata, ‘Wahai Muhammad, celaka seseorang yang jika disebut namamu namun dia tidak bershalawat kepadamu dan katakanlah amin!’  Maka kukatakan, ‘Amin.’”

(HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Asy Syaikh Al Albani mengatakan bahwa haditsnya hasan shahih).

Terkait dengan bulan ramadhan, pada hadits ini menyebutkan dua kerugian yang didapatkan seorang hamba yang disebutkan dalam hadits :

  1. Keluar dari bulan ramadhan namun tidak mendapatkan ampunan dari Allah
  2. Dido’akan celaka oleh Jibril yang merupajan pimpinan malaikat dan diaminkan oleh makhluk  terbaik yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bagaimana cara agar tidak termasuk orang yang dido’akan jibril dengan do’a di atas ? dan apa tujuan disyariatkankan puasa di bulan Ramadhan ?

Mari simak rekaman kajian berikut yang disampaikan oleh Al Ustadz Luqman Ba’abduh hafizhahullahu. Rekaman ini merupakan arsip  Tasjilat Ma’had As Salafy Jember tahun 2007.

JudulLink UnduhanDengarkan Audio
Tujuan Utama Ibadah Puasa di Bulan Ramadhanhttp://bit.ly/2GOkPN2

 

 

 

Bagikan :

One thought on “Tujuan Utama Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan”

  1. Masya Alloh, Jazakallahu khairan katsira

    Mudah2an Alloh Azza Wa Jalla senantiasa menjaga kekokohan Ustadz Abu Abdillah Luqman Ba’abduh diatas Sunnah yang terbimbing oleh Kibarul Ulama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *